Main Article Content

Abstract

Kesalahan berbahasa dalam penulisan karangan narasi tidak hanya berdampak pada mutu tulisan, tetapi juga mencerminkan rendahnya penguasaan mahasiswa terhadap tata bahasa Indonesia yang benar. Kondisi ini dapat memengaruhi pencapaian hasil belajar dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bentuk-bentuk kesalahan berbahasa serta faktor-faktor penyebabnya dalam karangan narasi mahasiswa semester IV kelas ekstra di STKIP Kristen Wamena. Fokus kajian meliputi kesalahan pada tataran morfologi, sintaksis, semantik, wacana, dan ejaan. Data diperoleh melalui teknik membaca, mencatat, dan menyimpulkan. Peneliti menelaah setiap karangan mahasiswa untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk kesalahan, melakukan koreksi, dan menyusun simpulan. Hasil temuan menunjukkan bahwa kesalahan yang umum terjadi meliputi afiksasi, struktur sintaksis (terkait frasa, klausa, kalimat, dan wacana), serta penulisan ejaan (huruf dan tanda baca). Faktor-faktor penyebabnya antara lain adalah pengaruh bahasa daerah (interferensi), lemahnya pemahaman kaidah bahasa Indonesia, kurangnya kebiasaan membaca dan menulis, minimnya umpan balik dalam proses penulisan, serta rendahnya motivasi belajar bahasa Indonesia.

Keywords

Karangan Narasi kesalahan Berbahasa Mahasiswa STKIP Kristen Wamena

Article Details

How to Cite
Kadang, E. (2025). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi pada Mahasiswa Semester IV Kelas Ekstra, STKIP Kristen Wamena. Pedagog Jurnal Ilmiah, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.71387/pji.v3i2.149