Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam peran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam meningkatkan pemahaman mitigasi bencana banjir pada siswa sekolah dasar di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Menggunakan pendekatan studi eksperimental dengan desain pre-test post-test control group, penelitian ini dirancang untuk membandingkan efektivitas dua metode pembelajaran. Sebanyak dua kelompok siswa dilibatkan: kelompok eksperimen yang menerima pembelajaran IPS terintegrasi mitigasi bencana yang dirancang khusus, dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran IPS konvensional sesuai kurikulum yang ada. Data dikumpulkan secara komprehensif melalui kuesioner terstruktur untuk mengukur tingkat pemahaman dan lembar observasi untuk mencatat partisipasi serta sikap siswa selama proses pembelajaran. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan pemahaman mitigasi bencana banjir yang sangat signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini secara kuat mengindikasikan bahwa integrasi materi mitigasi bencana secara sistematis dalam mata pelajaran IPS terbukti sangat efektif dalam meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan kesiapsiagaan siswa terhadap ancaman bencana banjir, khususnya di daerah yang memiliki kerentanan tinggi seperti Kabupaten Jayawijaya.

Keywords

IPS, Mitigasi Bencana, Banjir, Sekolah Dasar, Jayawijaya, Papua Pegunungan, Pendidikan Kebencanaan

Article Details

How to Cite
Ambarita, Y. M. (2025). Peran Mata Pelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Mitigasi Bencana Banjir: Studi Eksperimental di Sekolah Dasar Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan. Pedagog Jurnal Ilmiah, 3(2), 26–35. https://doi.org/10.71387/pji.v3i2.155