Main Article Content

Abstract

Konsep dasar matematis perlu dikuasai secara mendalam dan penuh pemahaman yang benar serta tepat bagi mahasiswa calon guru SD adalah konsep dasar operasi bilangan bulat. Ketika menjadi seorang guru SD maka akan menjadi wali kelas baik di kelas rendah dan di kelas tinggi akan menekankan pada konsep dasar pada membaca, menulis dan berhitung (Calistung). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep-konsep secara matematis pada mahasiswa calon guru SD di Prodi PGSD tentang operasi hitung dan mengindentifikasikan kelemahan dan permasalahan dalam belajar pada topik operasi hitung. Metode yang dipergunakan di penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif sebagai metode penelitian dengan bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan apa yang terjadi di lapangan yang mendalam dan terstruktur. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa semester II Prodi PGSD STKIP Kristen Wamena TA. 2024/2025 dapat disimpulkan berdasarkan hasil wawancara bahwa mahasiswa kurang berminat belajar matematika di sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Hasil penelitian diketahui bahwa frekuensi dari kemampuan konsep operasi hitung mahasiswa calon guru SD paling banyak skor 66-73 sebanyak 8 mahasiswa dengan presentasi 32% dengan kategori cukup baik, sedangkan yang paling sedikit pada skor 89-97 sebanyak 1 mahasiswa dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahw kemampuan pemahaman konsep operasi hitung mahasiswa calon guru SD masih tergolong cukup baik.

Keywords

Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa PGSD Papua Pegunungan

Article Details

How to Cite
Sari, R. (2025). Menelaah Pemahaman Matematis Pada Mahasiswa Semester II Prodi PGSD STKIP Kristen Wamena. Pedagog Jurnal Ilmiah, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.71387/pji.v3i2.157