Main Article Content

Abstract

Kemampuan operasi hitung dasar merupakan kompetensi mendasar yang harus dimiliki oleh calon guru Sekolah Dasar. Keterbatasan akses dan kualitas pendidikan di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) mengakibatkan banyak mahasiswa PGSD memiliki pemahaman matematika dasar yang kurang memadai. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan operasi hitung dasar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian) bagi mahasiswa PGSD STKIP Kristen Wamena dan menyiapkan calon guru Sekolah Dasar yang kompeten dalam bidang matematika, untuk berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Provinsi Papua Pegunungan. Waktu pelaksanaan selama 12 minggu dengan tahapan pengajaran, pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan untuk melihat peningkatan operasi hitung dasar matematika yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain pra-ekperimen jenis one group Pretest-Posttest. Hasil program menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan operasi hitung dasar matematika dengan Peningkatan nilai rata-rata keseluruhan 33 dan normalized gain 0,58 kategori sedang. Program kelas ekstra dapat disimpulkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam membantu dan mengatasi kesulitan dalam operasi hitung dasar matematika mahasiswa PGSD STKIP Kristen Wamena di Papua pegunungan, sekaligus memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas kompetensi dasar numerasi di wilayah 3T.

Keywords

Operasi Hitung Dasar Mahasiswa PGSD Papua Pegunungan Kelas Ekstra

Article Details

How to Cite
jumaikel, robert, & Marulitua. (2025). Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Dasar Melalui Program Kelas Ekstra Pada Mahasiswa PGSD STKIP Kristen Wamena Di Papua Pegunungan: Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Dasar Melalui Program Kelas Ekstra Pada Mahasiswa PGSD STKIP Kristen Wamena Di Papua Pegunungan. SILIMO: Community Service Journal, 2(1), 09–16. Retrieved from https://jurnal.stkipkw.ac.id/index.php/scsj/article/view/135