Main Article Content
Abstract
Program Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional mahasiswa PGSD Semester II dalam mengajarkan matematika dasar. Program ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa banyak mahasiswa masih kesulitan memahami dan menjelaskan konsep matematika dasar secara efektif, padahal kemampuan ini sangat penting bagi calon guru SD. Untuk mengatasi hal tersebut, program ini dilaksanakan melalui kelas ekstra interaktif yang menekankan penguatan konsep dasar matematika, strategi pembelajaran inovatif, dan pemecahan masalah. Materi yang diajarkan mencakup bilangan, operasi hitung, geometri dasar, dan pengukuran, dengan pendekatan aplikatif dan mudah dipahami. Hasil pelaksanaan menunjukkan adanya peningkatan dalam pemahaman peserta terhadap konsep matematika dasar serta keterampilan mereka dalam merancang pembelajaran yang menarik. Meskipun hasil postest awal menunjukkan pemahaman yang cukup rendah, pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan peserta, dengan kenaikan pemahaman sebesar 32% pada kategori “cukup” dan hanya 12% peserta masih berada pada kategori “tidak baik”. Program ini diharapkan mampu memberikan fondasi yang kuat bagi mahasiswa PGSD dalam penguasaan matematika dan keterampilan mengajar, sehingga siap menjadi guru yang kompeten dan inspiratif di masa depan.
Kata Kunci: Pembelajaran, Matematika, Program, Kelas Extra