Main Article Content
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan kompetensi esensial bagi calon guru, yang berperan penting dalam proses komunikasi pembelajaran. Namun, ditemukan bahwa sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mengungkapkan gagasan secara lisan secara runtut, percaya diri, dan efektif. Pelatihan teknik inovatif keterampilan berbicara dilakukan agar mahasiswa dapat menggunakan teknik keterampilan berbicara sehingga mahasiswa dapat memiliki kepercayaan diri dan berbicara dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inovasi teknik keterampilan berbicara yang diterapkan kepada mahasiswa semester IV kelas ekstra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) STKIP Kristen Wamena. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi teknik keterampilan berbicara yang diterapkan menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa karena terbukti efektif dalam meningkatkan keberanian, kelancaran, dan struktur komunikasi lisan mahasiswa. Mahasiswa lebih antusias dan terlibat secara emosional maupun intelektual ketika pembelajaran berbicara dikemas dalam bentuk praktik langsung, dengan skenario yang relevan dengan dunia kerja guru di masa depan. Hal ini sangat relevan bagi calon guru yang dituntut memiliki keterampilan komunikasi yang baik dalam proses belajar-mengajar.