DAMPAK KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP KRISTEN WAMENA

Authors

  • Beatrix Mebri STKIP Kristen Wamena
  • Yustinus Wangguway STAKPN Sentani

Keywords:

Family Economic Condition, Students Learning Outcomes

Abstract

Pendidikan masih menjadi kebutuhan penting semua anak sehingga perlu ada dukungan keuangan yang memadai dari orang tua karena setiap tahun biaya pendidikan dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi meningkat. Isu tersebut dibahas dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui dampak dari kondisi ekonomi keluarga atau latar belakang keuangan orang tua terhadap hasil belajar mahasiswa di STKIP Kristen Wamena. Metode penelitian ini deskriptif dengan jenis pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah Aplikasi Komputer 2, instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data-data tersebut selanjutnya diolah menjadi suatu catatan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, editing, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah sumber dana untuk kuliah, pekerjaan orang tua atau wali, penghasilan orang tua atau wali, asset atau kekayaan orang tua, dan jenis lantai di rumah keluarga turut beperan dalam prestasi mahasiswa. Temuan ini menekankan pentingnya peran institusi pendidikan, pemerintah dan orang tua dalam memberikan dukungan finansial dan program beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu. Dengan adanya dukungan yang memadai, diharapkan mahasiswa dapat lebih fokus pada studi mereka dan meningkatkan hasil belajar.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Mebri, B., & Wangguway, Y. (2024). DAMPAK KONDISI EKONOMI KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STKIP KRISTEN WAMENA. PEDAGOG, 2(2), 17–24. Retrieved from https://jurnal.stkipkw.ac.id/index.php/pji/article/view/86